Bekasi bukan hanya sebagai kota Industri terbesar di Asia Tenggara. Tetapi Bekasi juga punya potensi wisata yang boleh di adu dengan kota tetangga lain-nya. Jika di pesisir Bekasi punya pantai yang belum begitu di jamah banyak orang,terutama para Travelers yang lebih memilih liburan ke luar kota. Bekasi punya sebuah air terjun yang belum banyak orang mengenal-nya,bahkan warga pribumi Bekasi pun masih banyak yang belum mengenal Curug atau Air Terjun yang ada di kota Patriot ini.

Bekasi sudah terkenal di luar daerah daerah terutama Pulau Jawa. Mereka datang berbondong bondong bukan untuk berwisata,kebayakan mereka datang dengan tujuan mencari nafkah. Sementara buat warga Bekasi,datang berbondong bondong ke luar daerah untuk liburan,berbanding kebalik. Siapa sih yang tidak tahu kota Bekasi kota dengan sejuta Pabrik. Mulai dari kawasan industri Cibitung hingga Cikarang banyak mengundang para perantau atau pendatang untuk mencari peruntungan di Kota ataupun di Kabupaten Bekasi. Tentu saja ini sangat menguntungkan para Investor apa lagi para tuan tanah pemilik kost-kostan maupun kontrakan. Ditambah makin pesat-nya hunian atau perumahaan berjamur di Bekasi. Lalu bagaimana dengan potensi wisata di Bekasi ? amat jauh tertinggal. Gedung gedung semakin tinggi,Apartemen banyak berdiri,Mall Mall semakin banyak tapi potensi wisata-nya terasa di lupakan,karena kurang-nya promosi wisata di Bekasi. Tapi akhir akhir ini,banyak warga Bekasi yang berdiri tegak mempromosikan wisata wisata di Bekasi termasuk pemerintah setempat,yakin Bekasi bukan cuma kota Industri tetapi Bekasi punya potensi wisata yang tidak boleh di nomor dua kan,salah satu-nya Curug Parigi Curug yang berada di tengah tengah pusat Industri. Semenjak banyak yang mempromosikan Curug Parigi di berbagai media sosial,kini Curug Parigi mulai di kenal oleh masyarakat sekitar dan yang lebih menarik-nya lagi,Curug Parigi pada tahun 80-an pernah di jadikan syuting film Suzana. Sedikit berbeda dengan Air Terjun Niagara,Curug Parigi ada keunikan tersendiri. Keindahan Curug Parigi sangat di tentukan oleh debit air yang mengalir di sungai.

Curug Parigi

Lokasi-nya berada di desa Cikiwul Bantar Gebang,eiitsss kalo Bantar Gebang bukan cuma Tempat Pembuangan Sampah Terpadu aja yah !! Tapi di Bantar Gebang juga punya Curug yang kebanyakan orang bilang mirip Curug Niagara atau lebih familiar lagi di sebut Curug Niaga Mini. 

Menurut sejarah dulunya area tersebut adalah area bekas tambang pasir atau galian pasir. Bekasi galian itulah yang akhir-nya membentuk sebuah perbedaan ketinggian,hingga lahirlah air terjun tersebut. Ketinggian Curug Parigi sekitar 2 meter dan lebar-nya mencapai 20 meter. Meningkat-nya ketenaran Curug Parigi di media sosial juga banyak mengundang para fotographer berdatangan untuk mengabadikan air terjun Niagara mini ini.

Tiket masuk juga sangat terjangkau. 10.000 buat mobil 5.000 untuk motor dan 3.000 buat sepeda

Dimana lokasi Curug Parigi,Untuk akses kesini cukup mudah,jika menggunakan kendaraan pribadi baik dari arah Bekasi maupun dari arah Bogor,tinggal mengikuti Jl.Raya Narogong dan berhenti Pangkalan 5 tepat-nya di belakang PT Hakapole,masuk gang dan ikuti jalan kurang lebih 1 Km hingga masuk gerbang Curug Parigi.

Jika menggunakan angkutan umum. 

  • Dari Terminal Bekasi naik Bus kecil jurusan Bekasi-Cieungsi-Jonggol,bilang saja ke kondektur minta turun di Curug Parigi
  • Atau bisa dari Terminal Bekasi naik angkot K-11 jurusan Bekasi-Bantar Gebang,turun di pasar Bantar Gebang. Terus nyambung angkot biru K-92 jurusan Bantar Gebang – Cileungsi minta turun di Curug Parigi.
  • Dari arah Bogor bisa naik K-92 minta turun di Curug Parigi

Tidak semua wisata yang di kunjungi sesuai dengan ekspetasi dan waktu terbaik buat membuktikan penasaran keindahan Curug Parigi ialah saat musim kemarau dimana debit air tidak terlalu tinggi,jika di musim hujan debit air tinggi dan air berwarna keruh kecoklatan.


Curug Parigi !!! masih ada keindahan di tengah kota Metropolitan

Iklan